Selasa, 26 Desember 2017

Petani Kutim Terima Bantuan Alsintan

Alsintan dipantau Wakil DPRD Encek Firgasih.
SANGATTA,KABARKALTIM.CO.ID-  Sejumlah kelompok tani di  Kutim mendapat bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) 2017 yang didistribusikan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Timur (Kutim), pemprov. Kaltim. Dana bantuan Alsintan dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) yang disalurkan Pemkab Kutim. Total Alsintan yang disampaikan Pemkab Kutim nilainya ratusan Alsintan.

Kepala Seksi Pembiayaan dan Alsintan Distanak Rofiqoh Istiharoh menyatakan, pembagiannya dilakukan tidak saja pada kelompok tani, tapi juga kepada Unit Pelayanan Jasa Alsintan, serta Lembaga Gerakan Pemuda Tani Indonesia. Pembagian disesuaikan dengan kebutuhan kelompok tani dan kondisi objektif di lapangan. Sehingga kemungkinan apa-apa yang diminta petani, tidak semua terpenuhi karena berdasarkan tingkat kebutuhan di lapangan secara rill.



"Adapun jenis-jenis Alsintan yang dibagikan berupa hand traktor, perontok padi, gilingan padi, alkon, alat angkut roda tiga, trans planter, pompa air, hand prayer, serta alat-alat pendukung pertanian lainnya,"beber Rofiqoh, pekan tiga Desember 2017 ini.
 

Anggota kelompok tani Mundhir mengaku, adanya bantuan hand tracktor dan Alsintan lainnya, jelas mempermudah petani di pedesaan dalam menggarap lahan, guna memaksimalkan hasil panen. Mengingat dijaman sekarang, keberadaan generasi muda di sektor pertanian  minim. Apalagi mereka lebih senang bekerja di ibukota kabupaten. Dengan adanya Alsintan, maka ongkos produksi yang dikeluarkan oleh petani jadi lebih sedikit. Satu alat perbandingannya menggunakan tenaga manusia antar  3 sampai 4 orang untuk menggarap sawah.

Dinas Pertanian berjanji mengupayakan kembali program bantuan seperti ini, kepada kelompok-kelompok tani pada tahun mendatang. Tentunya, memperkuat kejasama dana pelaporan hasil bantuan pusat. Terlebih dorongan untuk memperkuat ketahanan pangan berbasis lokalitas sesuai Nawacita Pemerintahan Joko Widodo. (ri)



Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM