Jumat, 20 Oktober 2017

PENINGKATAN EDUKASI & INVESTASI SEKTOR PERUMAHAN MELALUI Q-BIG10 (kubiksepuluh)

oleh : Dinas Perumahan Permukiman Kota Balikpapan



PERKEMBANGAN perumahan yang cukup tinggi dikota Balikpapan dalam 2 tahun terakhir ini memberi dampak menjamurnya produk produk property yang menawarkan berbagai model hunian perumahan kepada masyarakat. Begitu banyak pilihan yang ditawarkan pengembang sehingga seringkali membuat masyarakat cukup kebingungan mana yang terbaik sesuai daya beli dan kebutuhan yang ada. 

Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Balikpapan sebagai organisasi perangkat daerah baru di 2017 ini dalam salah satu tupoksinya adalah menyediakan informasi perkembangan sektor perumahan dalam upaya meningkatkan edukasi dan kualitas informasi pertumbuhan sektor perumahan khususnya di kota Balikpapan. Informasi ini tentunya disajikan kepada publik sehingga pengetahuan publik akan perkembangan sektor perumahan meningkat dan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas investasi pada sektor properti. 



Dalam menjembatani kebutuhan publik akan informasi ini pada November 2017 ini Di as Perumahan dan Permukiman Kota Balikpapan akan segera mengeluarkan suatu produk inovasi bernama Q-BIG10 (dibaca: kubiksepuluh). Q-BIG10 ini merupakan suatu perangkat informasi yang menyajikan serangkaian peringkat dan menjadi barometer terkait kualitas produk perencanaan pengembangan perumahan yang akan dikembangkan oleh pengembang perumahan yang disusun secara objektif dan berimbang melibatkan profesional baik SDM internal maupun asosiasi profesi. 

Untuk edisi kali pertama ini fokus pada produk perencanaan yang dikeluarkan pada tahun 2016 dan 2017 karena memang difokuskan pada pengembangan baru sesuai izin yang terbit. Nantinya Q-BIG10 ini menjadi barometer bagi masyarakat dalam berinvestasi disektor perumahan. Q-BIG10 ini juga nantinya diharap meningkatkan kompetisi kreativitas perencanaan perumahan sehingga mampu ikut mendukung mewujudkan Visi Balikpapan sebagai Kota yang Layak Huni. 

Q-BIG10 ini di sisi lain adalah suaru bentuk insentif dalam bentuk dukungan moral kepada pengembang pengembang yang mau berkontribusi lebih dalam meningkatkan kualitas lingkungan pada desain lansekap kawasan pengembangannya. Indikator indikator seperti kuantitas penyediaan ruang hijau, aksesibilitas, desain bangunan, ketersediaan fasum fasos merupakan beberapa indikator yang menjadi penilaian. 

Tentu dalam sosialisasi hasilnya nanti akan diinformasikan kepada asosiasi asosiasi serta pemangku kepentingan lainnya. Tujuan lainnya meningkatkan peran pemerintah dalam memberi informasi perkembangan sektor perumahan. Dalam proses program ini telah mendapat dukungan dari stakegolder pemerintah kota yaitu Walikota, Wakil Walikota dan Sekretaris Daerah Kota Balikpapan. (*)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM