Minggu, 03 September 2017

Peringatan Hari Pramuka Tingkat Kaltim Dipusatkan di Samarinda

Kashariyanto : Pramuka sebagai Tempat Pendidikan Manusia-manusia Pancasila 


Kashariyanto
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID- Persiapan matang dilakukan Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim untuk menyiapkan agenda memperingati Hari Pramuka ke-56 yang tepat dirayakan 14 Agusutus 2017 lalu. Berbagai agenda penting terus disiapkan. 

Peringatan Hari Pramuka tingkat Provinsi Kalimantan Timur, akan dipusatkan di Kota Samarinda pada 11 September 2017. Hal ini ditegaskan Sekretaris Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim Ir H Kashariyanto MBA diwawancarai kabarkaltim.co.id belum lama ini di Balikpapan. 

"Peringatan Hari Pramuka tingkat Provinsi Kaltim, dipusatkan di Samarinda. Akan digelar 11 September 2017, rencananya di GOR Segiri," ungkap Kashariyanto yang juga Ketua Harian DPD II Golkar Balikpapan. 

Disebutkan Kashariyanto, beberapa agenda penting itu seperti renungan Pramuka, termasuk rapat koordinasi majelis pembimbing (mabi) yaitu semua wali kota/bupati se-Kaltim. Rakor mabi Pramuka itu, perintah dari Ketua Mabi Provinsi Awang  Faroek Ishak. 

"Selain itu berbeda dari peringatan-peringatan tahun sebelumnya, peringatan Hari Pramuka tahun ini digelar pertandingan-pertandingan, termasuk jalan santai, senam bersama, penampilan dari masing-masing satker Pramuka," urai Kashariyanto. 

Dia menambahkan, saat peringatan Hari Pramuka di Cibubur, ada pemberian penghargaan tingkat nasional dan daerah. Ada sebanya 17 melati disematkan untuk Kaltim, termasuk 6 Darma Bhakti tingkat nasional. "Melati di antaranya diterima Wakil Bupati Kutai Kartanegaa dan Wakil Bupati Kutai Timur," tegas Kashariyanto. 

"November  ini juga ada perkemahan putri tingkat nasional yang digelar di Balikpapan, yaitu di Manggar.  Peserta perkemahan sekira 3.000 peserta, sementara Oktober Penggalang kita  mengikuti kegiatan tingkat nasional di Cibubur, untuk Penggalang putra dari Balikpapan dan Penggalang putri dari Kukar," urai Kashariyanto. 

Kashariyanto mengharapkan, Pramuka merupakan pusat reformasi mental baik nasional maupun daerah, dan Pramuka menjadi pusat pendidikan di luar pendidikan formal, selama ini menjadi ekstrakurikuler yang sangat baik di sekolah. 

"Harapannya Pramuka Kaltim  sebagai wadah dunia pendidikan mulai Siaga, Penggalang,  Penegak, maupun orang dewasa, sebagai tempat pendidikan untuk manusia-manusia Pancasila yang akan meneruskan bangsa ini ke depan," tutup Kashariyanto. (ts/kk)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM