Mei 23, 2017

Proyek Gunung Sepuluh, Komisi III Minta Pertamina Segera Bayar Pajak

Rapat Dengar Pendapat bersama SKPD dan Pertamina RU V

Rapat dengar pendapat bersama Pertamina RU V (bram/kk)
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Menindaklanjuti hasil peninjauan Komisi III terkait pengupasan lahan di Gunung Sepuluh, Pertamina RU V Balikpapan, Komisi III DPRD Balikpapan melakukan dengar pendapat bersama SKPD di jajaran Pemkot dan Manajemen Pertamina RU V, Selasa  (23/5/2017).

Dalam pertemuan langsung dipimpin ketua Komisi III Nazaruddin didampingi Syarifuddin Odang, drg Syukri Wahid, H Haris, Baharuddin Daeng Lala, Usman Daming, Danang Eko, Malvin Ardento, M Maulidin dan Syafruddin. 


Nazaruddin yang juga politisi dari Partai Hanura mempertanyakan analisa dampak lingkungan (Amdal) pengupasan lahan berupa mineral batu bara bukan logam (minerba) termasuk ganti rugi pohon dan pembayaran retribusi dan pajak terkait pengupasan lahan. 

Kesimpulan dengar pendapat,  pihak Pertamina sudah mengantongi izin prinsip dari Pemkot dan Amdal dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) RI. Pertamina UP V belum mempunyai Izin Mendirikan Bangunan (IMB) terkait dengan pengembangan kilang RU V Balikpapan. 

Dewan juga meminta Pertamina UP V segera membayar pajak minerba sebagaimana yang telah diterbitkan Surat Ketetapan Pajak Daerah dan Kurang Bayar (SKPDKB) dari Dispenda sebesar Rp 5,5 miliar. Dari hasil peninjauan komisi III pada 22 Mei 2017, ada perbedaan data kubikasi yang ditetapkan sesuai dengan nilai kontrak dengan salah satu dokumen telah didapatkan dari Pertamina sendiri menyebutkan sebanyak 1,73 juta m3. 

Selanjutnya komisi III meminta kepada pihak Pertamina menyerahkan dokumen kontrak Pertamina dan WIKA, UU No.19 Tahun 2013, Perpres 146 Tahun 2015, Inpres RI No. 1 Tahun 2016 dan Perpres No. 3 Tahun 2016.

Adapun yang hadir di rapat tersebut yaitu jajaran Pemkot Balikpapan dan Pertamina UP V, Priyono ( BPPDRD), Tara Allorate (DPU) dan S Hidayatullah Nihe, Arfiansyah (Bappeda) dan Suwahyanto, Alicia, Eko Hermanto (Pertamina UP V). (ahe)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM