Minggu, 02 Oktober 2016

Masyarakat Apresiasi TMMD di PPU



Menyatunya tentara dan rakyat
PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID – Masyarakat Desa Girimukti, Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengungkapkan sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 tahun 2016 di wilayahnya.
  
Dukungan masyarakat juga terlihat pada pelaksanaannya, secara sukarela warga berbondong-bondong ikut  berpartisipasi dalam rangkaian kegiatannya di lapangan untuk melakukan gotong royong. Mulai pelaksanaan pembangunan jalan, perbaikan masjid, pemasangan gorong-gorong jembatan hingga perbaikan poskamling. 


“Masyarakat kita sangat mendukung dan berterima kasih sekali atas terselenggaranya kegiatan TMMD yang dipusatkan di Desa Girimukti tersebut. Bahkan sejumlah wargapun juga tak ketinggalan turut berpartisipasi langsung, seperti menyumbangkan pasir bangunan, batu bangunan dan sebagainya,“ terang  Danramil Penajam, Arif Sugito.
  
Kegiatan TMMD di wilayah Kodim 0913 Kabupaten  PPU  yang telah dibuka oleh Danrem 091/ASN Brigjen TNI Makmur Umar secara resmi sejak 20 September beberapa waktu lalu tersebut,  saat ini telah memasuki hari ke-13. Saat ini memang personel yang diturunkan  terus melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan di lingkungan masyarakat.   

“Semua personel yang terlibat dalam kegiatan ini setiap hari melakukan berbagai rangkaian kegiatan dilingkungan masyarakat meliputi pembangunan jalan baru sepanjang 4,6 kilometer dengan lebar 8 meter yang berada di RT 17 tembus RT 13 Girimukti, pemasangan gorong-gorong di tiga titik, perbaikan masjid dan Pos Siskamling yang berada di RT 10 dan 11,“ terang  Arif Sugito. 
  
Dijelaskan Arif Sugito yang dalam kegiatan ini sebagai penanggung jawab kegiatan di lapangan mengatakan bahwa sejauh ini pelaksanaan kegiatan di lapangan berjalan dengan baik. Ditargetkan pelaksanaan kegiatan TMMD yang berakhir pada 19 Oktober mendatang itu akan tercapai 100 persen. 

“Sejauh ini kendala yang  kami hadapi di lapangan memang tidak ada. Hanya saja kondisi cuaca hujan terkadang membuat pelaksanaan beberapa kegiatan di lapangan mengalami hambatan. Namun kami dapat targetkan pada puncak pelaksanaan nanti, rangkaian kegiatan TMMD yang kami laksanakan dapat selesai 100 persen,“ terang dia. 

Dia menambahkan, selain kegiatan fisik berbagai kegiatan non fisik juga telah dilaksanakan sejak kegiatan ini dibuka secara resmi beberapa waktu lalu. 

Pelaksanaan Kegiatan non fisik kata dia, meliputi sosialisasi paham radikal, penyuluhan bela negara, penyuluhan KB Kes, penyuluhan hukum, sosialisasi bahaya narkoba, penyuluhan Pertanian dan Perikanan, ceramah agama dan sosialisasi Karhutla. Berbagai penyuluhan tersebut telah dilakukan di lingkungan masyarakat yang melibatkan unsur-unsur terkait.


“Sasaran kegiatan non fisik tersebut kami targetkan juga harus sampai dan bermanfaat bagi masyarakat. Misalkan Penyuluhan tentang bela negara, pada pelaksanaannya sasaran kami adalah pelajar dan dalam pelaksanaan penyuluhan tersebut kami  menghadirkan pelajar sebagai peserta,“ bebernya. 
  
Lebih jauh kata dia, dalam pelaksanaan TMMD tersebut  di lapangan, pihaknya melibatkan sebanyak 150 personel. Baik dari TNI, Kepolisian maupun instansi terkait lainnya di PPU seperti dari dinas kesehatan, kehutanan, Dinas PU dan sebagainya. 

“Pada pelaksanaannya, seluruh rangkaian kegiatan TMMD di PPU tersebut,  Dandim 0913 PPU, Adi Suryanto sangat mengharapkan dapat terlaksana dengan baik dan sukses. Dalam pelaksanaannya, beliau juga selalu memantau pelaksanaan kegiatan tersebut di lapangan," pungkasnya. 

Seperti diketahui juga, Bupati PPU, H. Yusran Aspar sangat mendukung atas terselenggaranya kegiatan TMMD yang dipusatkan di Des Girimukti tersebut. Dirinya mengatakan program TMMD merupakan salah satu program TNI yang mengedepankan nilai-nilai keterpaduan dan kepedulian sebagai sikap kebangsaan sejati yang perlu terus ditumbuhkembangkan. 

Ia menyebut, program ini sebagai perwujudan dari rasa kepedulian TNI untuk meningkatkan pembangunan dan ekonomi masyarakat secara terpadu, terutama sasaran yang oleh pemerintah daerah belum dapat ditangani atau terisolir yang segera memerlukan perubahan.  

“Kegiatan TMMD yang akan kita laksanakan selama kurang lebih satu bulan, merupakan salah satu wadah yang sangat tepat untuk semakin mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat yang akan bermuara pada terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa yang semakin kokoh,” tukas Yusran.

Dalam amanahnya, Yusran berharap, hasil pelaksanaan TMMD ke-97 ini, dapat dimanfaatkan dan dipelihara secara optimal untuk kepentingan masyarakat banyak, serta dapat dipelihara dan diupayakan untuk lebih ditingkatkan oleh pemerintah daerah dan aparat terkait lainnya. 

“Untuk pembangunan yang sudah jadi dan siap pakai sekiranya diharapkan Pemkab maupun masyarakat dapat memelihara sarana dan prasarana dengan baik, sehingga masa pakai dan kegunaannya benar-benar dapat dinikmati oleh segenap masyarakat. Serta kepada seluruh prajurit dan aparat yang terlibat, dan segenap unsur Pemkab yang dengan semangat tinggi dan kerja keras tanpa mengenal lelah mewujudkan berhasilnya TMMD ke-97, saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya,” tutupnya. (humas6)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM