September 11, 2016

Dinilai Mubazir, Pasar Tradisional Km 12 Tidak Berfungsi

Warga Minta Segera Difungsikan, Fasilitas Listrik Harus Diperhatikan 


Pasar yang sudah lama dibangun tidak berfungsi (usman/kk)
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Berbagai elemen masyarakat menyoroti keberadaan bangunan pasar tradisional di Km 12 RT 21 Karang Joang Balikpapan Utara, yang dinilai mubazir karena hingga kini belum juga difungsikan atau dimanfaatkan untuk kegiatan yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Keberadaan pasar yang memang dibutuhkan masyarakat sekitar tersebut, bernilai miliaran rupiah, harapan warga Karang Joang segera difungsikan dan fasilitas yang menunjang agar dilengkapi. 



Trisno menunjukkan tiang lampu yang juga belum berfungsi (usman/kk)
"Sudah lama pasar dibangun, sudah ada pos sekuritinya, musala, bangunan kantor, tapi sampai sekarang ndak berfungsi. Sayang nilai miliran tapi mangkrak, masyarakat sini banyak yang menanyakan, kapan pasar tradisional ini difungsikan," kata Imam Sutrisno-Ketua Masjid Al Muqarubun-yang awalnya sempat menjadi wakar saat pembangunan pasar tradisional itu. 

"Orang-orang di masjid juga tanya, pasar kok ga dipakai, kan sayang itu.  Tiang-tiang lampu dan lampunya, juga sudah, tapi ndak berfungsi, ndak nyala-nyala," imbuh Trisno sapaan Imam Sutrisno. 

Sutrisno dan warga lainnya meminta Pemkot Balikpapan memperhatikan kondisi tersebut, agar pasar yang sudah dibangun difungsikan. Menurut Trisno, warga sekitar sementara ingin memanfaatkan sebagai lokasi pasar malam, dimana dapat meningkatkan perekonomian warga, dan juga ada retribusi semisal dari parkir kendaraan pengunjung. 

"Warga sementara ingin pakai sebagai pasar malam, daripada di jalan-jalan bikin macet. Namun harus diperhatikan listriknya, sampai saat ini ndak nyala, padahal tiang dan lampunya sudah ada. Warga sini sampai sekarang, masih ada yang belum menikmati fasilitas listrik," aku dia. 

"Kalau sementara bisa dipakai pasar malam, kan ekonomi warga meningkat. Biar warga sendiri yang mikirkan airnya, asal listrik dapat nyala. Dari uang parkir, bisa untuk bayar lampu atau retribusi ke pemerintah. Sayang kalau mubazir, uang rakyat dihambur-hambur," beber Sutrisno. 

Salah satu tokoh masyarakat sekitar H Karsiman, juga mengharapkan yang sama, agar pasar dapat difungsikan segera. "Sudah lama pasar tradisional di Km 12 itu dibangun, tapi kenapa sampai sekarang nggak berfungsi? Sayang uang rakyat, kalau bangunan mangkrak nggak berfungsi," seru Karsiman. 

"Jadi segera fungsikan pasar tradisional atau dibuat kegiatan apa untuk masyarakat agar perekonomian sekitar meningkat. Termasuk fasilitas seperti listrik, jalanan juga harus diperhatikan," tegas Karsiman. (tw/usman jakkatallu) 
 
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM