Sabtu, 02 Juli 2016

Miliki Nilai Jual, 13 Lulusan SMK Kartika Direkrut Astra





Siswanto Marwoto (katono/kk)
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Dengan diterapkannya penerimaan siswa baru sistem online di sekolah negeri ternyata banyak dampak positifnya, bahkan boleh dibilang jauh lebih baik dibandingkan penerimaan siswa baru sebelumnya. Imbas dari penerimaan sistem online pun dirasakan oleh sebagian sekolah swasta khususnya di SMK Kartika Balikpapan. 

Kepala SMK Kartika Balikpapan H Siswanto Marwoto ketika ditemui kabarkaltim.co.id di ruang kerjanya mengatakan, pelaksanaan siswa baru dengan menggunakan sistem online memang sangat menguntungkan bagi sekolah swasta. 

”Khususnya di SMK Kartika, jumlah penerimaan siswa baru untuk tahun ajaran 2015-2016 banyak mengalami peningkatan, tahun lalu jumlah pendaftar untuk kelas X hanya 350 siswa namun setelah pemerintah menerapkan pendaftaran sistem online, jumlah peserta didik baru yang mendaftar di sekolah kami mengalami peningkatan yaitu kelas X mampu meraup 554 siswa baru. Artinya pendaftaraan siswa baru di sekolah negeri dengan menggunakan sistem online sangat menguntungkan sekolah swasta walaupun tidak semua sekolah swasta diuntungkan,” ujarnya, belum lama ini.


Dikatakan Siswanto, sebelum PPDB online dimulai SMK Kartika sudah menerima siswa baru sebanyak 200 anak, jadi semua siswa-siswi yang gagal masuk di sekolah negeri pilihannya adalah swasta, tinggal sekolah swasta mana yang akan dipilih. Kalau pun SMK Kartika mengalami peningkatan jumlah siswanya hingga mencapai 46% menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terutama orang tua murid sangat tinggi terhadap pendidikan di SMK Kartika ini. 

Menurutnya, hanya sekolah swasta yang memiliki nilai jual yang tinggi akan mampu meraup para lulusan SMP tanpa harus dipaksakan. ”Ketika penerimaan siswa dimulai pihak sekolah pasang spanduk seperti halnya sekolah swasta lainnya, selebihnya serahkan semua kepada masyarakat, sekolah swasta mana yang menjadi pilihannya.” 

Masih menurut siswanto, demi untuk meningkatkan kualitas bidang akademik maupun non akademik akan terus dikembangkan, baru-baru ini siwa SMK Kartika telah meraih juara 2 lomba Website Tingkat SMA/SMK se-Kota Balikpapan dan juga juara 2 sekolah sehat tingkat kecamatan. Selain itu juga 13 siswanya yang lulus tahun ajaran 2015-2016 telah direkrut oleh PT Astra. Berkaitan dengan PPDB online tahun ini diharapkan tidak ada lagi yang namanya gelombang ke-2, kalau bisa cukup PPDB online itu dilaksanakan satu tahap saja. (ktn)   


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM