Sabtu, 18 Juni 2016

SMP Patra Dharma 2 Terapkan Kurikulum 2013


BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Gedung SMP Patra Dharma 2 yang lokasinya berada di kawasan perumahan Pertamina Balikpapan adalah merupakan salah satu sekolah swasta yang banyak mengukir berbagai prestasi. Baik prestasi di bidang akademik maupun non akademik telah diraih melalui berbagai perlombaan yang pernah diadakan di kota ini, dan prestasinya hingga sampai ke tingkat internasional. 

Namun yang pantas diberikan acungan jempol adalah kepala SMP Patra Dharma 2, dinobatkan sebagai Kepala Sekolah berprestasi tingkat provinsi dan sekaligus tingkat nasional. Bahkan hadiahnya sangat fantastis berkunjung keluar negeri yaitu di Finlandia, segala akomodasi dan biaya perjalanan selama di luar negeri di tanggung pemerintah, kebanggaan tersendiri menjadi kepala sekolah berprestasi tingkat Nasional. 


Sekolah yang memiliki siswa sebanyak 358 anak dengan didukung 23 tenaga guru dan pegawai nampaknya terus mengalami peningkatan yang luar biasa. Apalagi SMP Patra Dharma 2 itu memiliki kesiapan yang matang untuk tetap melaksanakan kurikulum 2013, padahal sekolahnya bukan sekolah piloting. 

Keberaniannya untuk tetap melaksanakan kurikulum 2013 perlu mendapatkan apresiasi, memang kalau sekolah piloting  wajib melaksanakan kurikulum 2013 dan itu hukumnya wajib, dan bagi yang bukan sekolah piloting kembali ke kurikulum 2006. SMP Patra Dharma 2 yang sekarang dipimpin oleh Wahyuni yang merupakan alumni SMAN 1 angkatan 85 Balikpapan mampu membuktikan dalam pengembangan pendidikan menjadi lebih baik, bahkan sekolah ini beberapa bulan yang lalu telah terpilih menjadi juara 1 di bidang perpustakaan untuk tingkat kota Balikpapan.

Kepala SMP Patra Dharma 2 Wahyuni Awal Sejati,M.Pd ketika ditemui di ruang kerjanya sabtu(18/6) mengatakan, meraih prestasi tingkat Nasional 2014 tidak mudah, perlu adanya kesiapan tenaga dan pikiran yang matang kerja keras dan ikhlas.

”Dengan adanya kami sebagai kepsek berprestasi tingkat Nasional maka sekolah ini harus mampu meningkatkan kualitas mutu pendidikan di bidang akademik, bahkan beberapa bulan yang lalu SMP PD 2 mendapatkan Dana Bantuan Langsung (DBL) dari pemerintah, dimana bantuan tersebut untuk digunakan berbagai kegiatan kependidikan. Dimana kegiatan yang telah kami lakukan di antaranya melaksanakan Workshop, dengan bertemakan Kemitraan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PTK) SMP Patra Dharma 2 dengan melibatkan orang tua murid,siswa,guru,dan PTK,” ujar Wahyuni. 

Berkaitan dengan kegiatan Workshop selam 2 bulan menurut Wahyuni,pembukaan workshop dilaksanakan pada 30 Oktober 2014 di gedung bioskop Banua Patra sekaligus dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan saat itu masih dijabat Heri Misnoto. Kemudian dalam acara ini juga mendatangkan nara sumber dari Universitas Negeri Malang, Prof. DR. I Nyoman Degeng, LPMP Provinsi Jarwoko, Kadiknas kota Balikpapan Heri Misnoto, PTK Bahrodin pengawas prestasi Nasional dari Jawa Tengah, dan Direktorat P2TK. 

Kemudian materi yang disampaikan oleh para nara sumber masalah tentang kependidikan salah satunya Produknya Pendidikan,Kurikulum 2013 yang diikuti oleh seluruh tenaga guru SMP Patar Dharma 2.Dari kegiatan Workshop inilah sehingga tenaga pendidik/guru mendapatkan bekal untuk melaksanakan kurikulum 2013.Dari dasar itulah SMP Patra Dharma 2 berkomitmen tetap akan melaksanakannya,walaupun bukan sekolah piloting,kata Wahyuni sapaan panggilan akrabnya Wahyuni Awal Sejati. (katono)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM