Oktober 19, 2015

PKBM Bina Bersama Samboja Sosialisasi Akreditasi


Bukhori
TENGGARONG, KABARKALTIM.CO.ID-Merebaknya Lembaga PAUD harus diimbangi dengan kompetisi yang sehat, oleh karena itu melalui kerja bareng  UPT Dinas Pendidikan Samboja, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Bersamadan HIMPAUDI Kecamatanj Samboja, menyelenggarakan kegiatan Fasilitasi Akreditasi Lembaga PAUD Dalam Rangka Sosialisasi Akreditasi Lembaga PAUD pada tanggal 17 Oktober 2015 bertempat di Ruang Pertemuan PKBM Jl Raya Balikpapan -Handil II Kelurahan Kampung Lama Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara.

Ishak Jarkasi SPd MM-Kepala UPT Dinas Pendidikan Samboja, membuka langsung acara yang dihadiri oleh 35 peserta. Dia mengimbau kepada pengelola dan pendidik PAUD untuk meningkatkan kompetensinya. “ Saya minta kepada para pendidik PAUD selalu mengasah diri dalamhal kopetensi, dari yang pendidikan SMA ditingkatkan pendidikan S1," kata Ishak. 

Menurutnya, Lembaga Paud menjadi amanah tersendiri bagi para guru demi mengembangkan pendidikan berkualitas untuk semua sepanjang hayat. “Akreditasi pendidikan PAUD adalah merupakan gambaran yang nyata tentang kondisi satuan atau program pendidikan anak usia dini itu sendidi,” imbuh Ishak Jarkasi.


Sementara itu Rahman selaku penyelenggara mengatakan pelaksanaan sosialisasi dan bimtek selain hadir sejumlah Lembaga Kelompok Bermain (KB) dan Taman Penitipan Anak (TPA) juga hadir Penilik dan Pengawas. Menyinggung masalah dana Rahman kepada media ini menyampaikan, pelaksanaan sosialisasi yang dilakukan adalah murni kegiatan swadanya semata-mata karena ingin menjadikan lembaga PAUD yang ada memenuhi standart yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 
”Mengingat pentingnya Akreditasi ini maka kami mengambil langkah kerja bareng dengan UPT Disdik dan Himpaudi,“ jelas Rahman.

Untuk berikutnya akan dilakukan kegiatan yang sama bagi Lembaga Paud Taman Kanak-kanak yang ada diwilayah Kecamatan Samboja dengan targed cakupan sebanyak 90 Lembaga.

Di sela-sela soslok salah satu peserta Mardiah mengatakan, kegiatan soslok yang disampaikan cukup membantu dan memberikan motifasi untuk mengajukan akreditasi. ”Kami beterima kasih kepada panitia yang sudah memberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini sehingga kami paham maksud Akreditasi," tandas Mardiana.

Pendampingan akreditasi disampaikan oleh Tim Pokja Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal  (BAN PNF ) Kalimantan Timur Hj Sri Ningsih, MPd dan Bukhori. Peserta yang sudah mengantongi instrumen akan dipandu untuk mengisinya, kemudian bulan Nopember  mendatang diwajibkan mengembalikan instrumen tersebut untuk dikirim ke BAN-PNF beserta lampirannya.

“Prosesnya Akreditasi cukup lama hingga pengunguman, karena di BAN-PNF akan diteliti meliputi deasesmen, visitasi, validasi, pleno, hingga pengunguman, kurang lebih memakan waktu 4 bulan” ujar Bukhori yang telah aktif asesor. 

Sebelumnya Hj.Sri Ningsih mengatakan bimbingan ini akan dilakukan sampai tustas dan berkelanjutan. “Kami ini Assesor Fisabillilah,“ katanya.
Proses sosialisasi akreditasi lembaga PAUD selama sehari ini diharapkan bisa memperluas informasi ke PAUD yang ada di Samboja , sehingga tercipta kompetisi yang sehat.(ekho)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM