Agustus 30, 2015

Kenalkan Budaya Lokal Melalui Pelatihan Kerajinan Tangan



Lampang Bilung (kiri), bersama kelompok PKK binaanya.

BALIKPAPAN, kabarkaltim.co.id- Banyak cara dapat dilakukan untuk menciptakan peluang usaha tanpa harus bekerja dengan waktu tertentu, keuntungannya pun berpariatif. Selain itu juga dapat dilakukan diwaktu yang bisa kita jadwalkan sendiri.

Seperti yang dilakukan kelompok PKK Bukit Damai Sejahterah (BDS) RT.31, RT.32, Kelurahan Damai Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, beberapa waktu lalu, diprakarsai Ketua Lembaga Pembinaan Seni Tari Tradisional Dayak Kenyah, Lampang Bilung, yang memberi pelatihan keterampilan kerajinan tangan khas dayak kepada para kelompok Ibu PKK di Balikpapan.

Pembinaan serta pengenalan kerajinan seperti pembuatan baju adat Dayak, anyaman manik batu akik untuk aksesoris gelang dan kalung, sengaja diberikan guna membekali para ibu rumah tangga utamanya kelompok PKK, sehingga dapat memiliki keterampilan khusus yang juga dapat memberi keuntungan tambahan.

"Pembinaan melalui pelatihan keterampilan kerajinan tangan kepada kelompok PKK dapat menambah penghasilan, selain itu pula untuk dapat mengenalkan budaya lokal yang ada di Kalimantan, upaya itu yang terus kami lakukan" kata, Lampang Bilung, kabarkaltim

Bahkan modal awal pun diberikan untuk tahap pembinaan, menurutnya semua yang dilakukannya ihklas membantu demi kemajuan kaum wanita yang ingin memiliki keterampilan khusus, "Saat ini kelompok binaan kami sudah banyak, namun saya belum bisa rinci karena modal masih dari kantong saya,"pungkasnya

Wanita yang akrab disapa Bilung, berharap kepada instansi terkait agar dapat mendukung usaha yang dilakukannya saat ini, utamanya dalam penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatannya. (war)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM