Maret 09, 2020

Polder Ikon Sangatta Perlu Ada Pengelola

IR. H. Isnubabadar, MT (baharsikki.kk)
KUTIM, KABARKALTIM. CO.ID- Polder Sangatta di dekat Pasar Induk merupakan salah satu icon Kutai Timur. Kian waktu terus berbenah. Hanya saja, polder icon Sangatta tersebut kini belum dikelola secara profesional. Untuk itu, Bupati Ismunandar menginstruksikan agar perlu ada pengelola polder semacam Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemkab Kutim.
Saya pernah lewat di situ. Saya bermaksud mau buang air kecil di toiletnya. Tapi tak ada air bersih, dan WC-nya (water closed, Red) bau. Saya tidak jadi buang air di situ,” beber bupati Kutim usai pimpin rapat koordinasi di ruang Meranti, kantornya, Bukit Pelangi, Senin (9/3/2020).
Bupati Kutim menginstruksikan kepada Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Suparjan agar segera memasang instalasi pipa air di polder. Polder Sangatta merupakan destinasi menarik bagi pengunjung. Dan, di sana bisa pula dijadikan sumber menambah pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah ({PAD).

Kalau ada pengelola, di situ bisa ada pungutan retribusi parkir, dan lainnya untuk PAD. Juga bisa dijadikan arena berbagai kegiatan. Serta penataan pemanfaatan ruang bisa lebih teratur.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Aswandini mengatakan, polder Sangatta sampai awal Maret 2020 ini pengelola resmi dari Pemkab memang belum ada. Namun, di polder sana sudah ada berlaku iuran retribusi kebersihan. Tapi uang yang dikumpul itu, hanya untuk mereka sendiri, belum ada yang masuk kas daerah.
Iuran retrubis kebersihan sudah ada. Tapi untuk mereka sendiri, tidak ada disetor ke daerah,” jelas Aswandini.
Oleh karena itu, baik listrik, air bersih, retribusi maupun kebersihan perlu dikelola suatu lembaga. Agat pemanfaatan polder lebih maksimal demi kepentingan orang banyak. Baik untuk wisata, kuliner maupun kegiatan silaturahmi. (baharsikki)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM