Sabtu, 08 April 2017

Indonesia Satu-satunya Negara ASEAN yang Akan Dikunjungi Wapres AS

Wapres AS Mike Pence (Foto: AFP)
KABARKALTIM.Co.Id, Jakarta - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence akan mengunjungi Indonesia pada 20-21 April mendatang. Indonesia menjadi satu-satunya negara ASEAN dan negara berpenduduk Muslim yang menjadi negara tujuan Pence. Demikian keterangan pers Kementerian Luar Negeri Indonesia terkait rencana kunjungan tersebut.
 
"Kunjungan (Wapres AS Mike Pence) ke Jakarta ini selain pentingnya kemitraan strategis kedua negara dan hubungan bilateral serta memberikan penegasan kembali pentingnya peran Indonesia di kawasan," kata Direktur Amerika I Kemenlu RI, Adam Tugio kepada media di Kemenlu, Jakarta, Jumat 7 April 2017.
 
Kunjungan ini juga untuk memperingati 40 tahun hubungan AS dan ASEAN, Pence akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN untuk meningkatkan kerja sama AS-ASEAN ke depannya. Pence juga akan menghadiri pertemuan bisnis antara pebisnis AS dan Indonesia.
 
 
"Selain kerja sama bilateral, Pence juga akan membahas isu-isu politik dengan Indonesia. Serta pembicaraan mengenai sosial budaya," tutur Adam lagi.
 
"Ekonomi juga akan menjadi bahasan di kunjungan Pence ini di dalam pertemuan bilateral karena investasi AS cukup banyak di Indonesia dan sebaliknya," ujarnya.
 
Mengenai perintah eksekutif (Executive Order) dagang Presiden Donald Trump yang memasukkan Indonesia ke dalam daftarnya, Adam mengatakan bahwa hal ini sudah dibicarakan dengan kementerian-kementerian terkait.
 
"Koordinasi dengan Kemenko juga terkait langkah-langkah yang harus dilakukan. Berhubungan dengan ini, memang harus dilakukan secara komperehensif," imbuh Adam.
 
Lebih lanjut Adam mengatakan, banyak peluang terkait hubungan bilateral antara Indonesia dan AS dengan kunjungan perdana Pence ini.
 
Soal terorisme, kemungkinan besar pun akan dibahas. Ada tukar menukar pengalaman. Menurut Adam, Indonesia harus bisa menyampaikan Islam, dan dunia Muslim harus bisa menjadi penanggulang terorisme.
 
Soal toleransi dan pluralisme menjadi kesamaan dari dua negara ini dan kemungkinan akan dibahas. Karena Indonesia dan AS sama-sama merupakan negara demokrasi. [\maxor]
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM